Saturday, January 3, 2009

Custom Decal - Sticker

Saat kita mau terjun ke dunia custom painting, sticker atau gambar tempel, atau istilah keren-nya decal jadi salah satu senjata yang penting. Penting untuk kita tau jenis-jenisnya, bagaimana penggunaanya dan biayanya. Tentunya kalo punya plotter-cutter sendiri akan lebih enak, tapi jika tidak (toh harganya yang reliable sekitar 9 jutaan lebih) ada strateginya.

Yang pasti miliki tukang sticker kepercayaan, biasakan untuk PDKT biar dia mau suatu saat kita butuh sticker 1 piece jam 12 malem kita bisa call dan dia langsung anter naek motor ke workshop, kalo perlu sambil ujan-ujan. Kebetulan bengkel saya menemukan yang seperti ini, biasanya yang bikin mahasiswa-mahasiswa, jadi harga juga bisa nego, asal kita tau cara pedekatenya.

Untuk mendesain sticker yang baik mending kita cari literatur dulu, misal untuk project Suzuki FXR saya, saya mengubah kelamin R jadi SP. Kalo ditiilk, aslinya logo FXR itu seperti ini:



Agak keluar dari pakem logo-logo sportbike Suzuki memang, tilik saja logo-logo seri GSX, TL dan laen-laen. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat logo FX150SP dengan style suzuki yang legendaris itu. Kan tujuan ngecat ulang motor ini juga untuk mengubah spesies, tanpa keliatan terlalu di modif - seperti memang asli keluar dari pabrik seperti itu gitu...

Nah, ini stikernya:

Mirip keluaran pabrik kan? Nah, itulah salah satu tips untuk bikin decal (bukan stripping bebas). Mungkin dengan berangkat menggunakan konsep yang jelas, piranti pendukung ini akan mempertegas konsep desain anda:







1 comment:

  1. Tolong kalo mau kutip artikel bisa minta ijin dulu, kita saling respect. atau ditulis sourcenya http://genesiautocsutom.blogspot.com. Terima kasih. Rudi. Genesis Auto Custom Indonesia 0818 0925 2246

    ReplyDelete