Saturday, January 3, 2009

Project 14 - Suzuki FXR Re-Born - (01) concept & ideas

By Genesis Auto Custom Indonesia




Suzuki FXR adalah salah satu motor light sport 4tak 150cc yang paling kencang di Indonesia saat ini. Saingan terdekatnya hanya Honda CBR yang sama-sama mengusung teknologi DOHC meski dengan diameter karburator yang sedikit lebih kecil. Penjualan yang tidak terlalu gemilang – kemungkinan karena harganya yang mahal – membuat motor ini tidak terlalu banyak berkeliaran di jalan. Populasi yang benar-benar terbatas ini membuat idealisme dan rasa kebersamaan sesama pengguna semakin kuat.





Project ini dimulai saat mulai timbul kebosanan dengan warna polos original Suzuki FXR yaitu warna Comet Blue. Warna motor ini sendiri ada beberapa rona biru, warna Suzuki FXR generasi awal (1997-2001) sedikit lebih tua daripada generasi akhir (2002 ke atas), dengan warna stripping Telefonica Movistar yang agak berbeda rona juga. Beberapa foto ini akan menunjukkan warna asli walaupun dengan resolusi yang tidak begitu menggembirakan.







Comet Blue original Suzuki FXR. Fairingnya pecah berantakan setelah nabrak Avanza dari belakang, untungnya secara fisik semua masih sehat. Perhatikan warna fairing replacement yang agak berbeda dari spatbor dan under cowling mesin. Sepertinya fairing ini dari generasi FXR yang lebih baru.



Memulai Project

Saya selalu memulai project dengan memilih konsep. Istilah kerennya menuangkan visi. Saya sendiri memilih konsep color scheme alteration alias mengganti konsep warna. Saya ingin mengubah tampilan FXR ini menjadi berbeda tanpa terlihat terlalu terlihat dimodifikasi, seolah-olah motor ini adalah sebuah type baru yang asli dikeluarkan oleh dealer.

Karena semua Suzuki FX ini berinisial R (alias menjadi FX-150-R) maka saya konsep motor saya menjadi type SP (Sport Production, seperti di Shogun atau Smash) dan dengan konsep ini saya berangkat ke meja gambar dan muncul dengan konsep warna Sport Production yang baru. Warna yang saya inginkan adalah purplish blue digabung dengan striping candy warna merah dengan lis silver metallic dan sticker decal yang saya pesankan custom.

Untuk lebih menunjang scheme warna ini saya inginkan spatbor depan dan under cowling putih, caliper warna merah, lampu sein lolipop ala motor sport lawas dan saya sertakan stiker bengkel custom paint saya di bagian belakang sekalian promosi. Tadinya mau saya beri nomor tapi sepertinya terlalu berlebihan.

Inilah desain yang saya bikin, desain ini Suzuki FX 150 SP satu-satunya di dunia asli bikinan VEADesign oleh Rudi Wahyu Setiaji (boleh donk kasih credit ke diri sendiri dikit aja). Saya sengaja tidak terlalu bermain warna rangka seperti yang biasa dilakukan (kebanyakan sih jadi hitam dof atau pattern carbon fibre), saya memilih tetap dengan warna silver asli supaya kelihatan lebih original.

Desain ini juga tidak sekali muncul karena saya telah membuat sekitar 6 desain paint scheme dalam sekitar 20 kombinasi warna. Beberapa saya mencoba meniru paint shceme Suzuki GSX-R generasi 2004-2006, stripping custom semi-tribal, bahkan ada yang mirip Honda NSR. Namun, berapapun desain yang kita bisa munculkan seringkali yang terjadi adalah setelah membuat berbagai kombinasi, kita memilih desain awal yang paling sederhana.







No comments:

Post a Comment