Saturday, January 3, 2009

Genesis Helmet (2) - execution

oke, berikut saya share langkah2 singkat kalo pada mau modif helm:

Pertama amplas habis itu cat yang udah ada, ya kalo males juga gapapa, tapi kalo ternyata lapisan cat yang aslinya udah rusak (seperti punya saya yang lapisan pernisnya aja udah ga ada), mending maen aman dan berkaryalah dengan amplas. Saya pake amplas 400 untuk ngilangin cat. Lalu kalo helm pernah dipake jatuh, pastikan lecet maupun luka-luka yang ada didempul dulu. Pake aja dempul biasa, akur kok.



Pastiin aja semua rata, udah tutup semua baret dan goresan. Nah, haluskan kembali dempulannya, biar rata dan tiadk benjol-benjol. Basahi helm untuk memastikan kerataan, jangan cuma percaya sama mata, pastikan kalo diraba juga benar-benar halus. Setelah diamplas ini biasanya dempul hanya akan tersisa sedikit pas goresan aja.



Terlihat kan gimana dempulan-dempulan yang tadinya lebar jadi mengecil. Kalo dempulannya masih lebar-lebar seperti di awal, anda belum menunaikan kewajiban anda.

Lanjut, setelah itu semprot pake primer epoxy. Mau one-part atau two-part monggo, saya sendiri terbiasa pakai yang two-part karena kadang ada kebutuhan khusus misal perlu katalis lebih. saya campur 4:1:1-2 (max). Kalau kebanyakan reducer pasti encer dan kadang kalau ngecat banyak ampas (entah apa istilah teknisnya) dari over spray pasti madhul-madhul di dalam paint booth dan merusak yang lainnya. Pastinya kalo terlalu banyak reducer campuran cat akan kering duluan sebelum nempel dan lapisan cat jadinya garing, kalo sial banget jadi kaya serbuk. Tapi kalo anda punya teori sendiri yang anda yakini kebenaran dan terbukti khasiatnya ya monggo...

Pastikan berlatih nyemprot primer epoxy dulu, lapisan ini akan cukup menentukan hasil akhir.


Cek lapisan primer epoxy anda, 1 bond coat tambah 2 medium coat akan cukup. Pastikan hasilnya mulus dan tidak ada yang mbradhul, ke-mbradhul-an ini akan nampak sampai lapisan clear coat terakhir anda - dan anda pasti akan menyesal (percaya deh, saya pernah ngalamin juga kok). Amplas wet-sand pake 800 grit kalo dirasa kurang memuaskan. Bersihkan, keringkan dan lanjutkan proses selanjutnya.

Kalo anda punya paintbooth (dengan heater tentunya), helm seperti ini akan kering sempurna dalam waktu 2 jam. Tapi kalo cuma diangin-angin alias dikeringkan secara alami ya mending anda nerusin necatnya besok pagi - kesabaran adalah kunci.

Okay, ini sudah esok pagi, saatnya mewarnai.
Oh, jangan lupa bahwa sebelum semua ini dimulai anda harusnya sudah menyiapkan desain yang ingin dibuat, saya pernah design-as-you-go dan hasilnya biasanya kalah dengan yang saya konsep. Percayalah, better safe than sorry.

Okay, desain helm saya berwarna silver metallic, purplish blue metallic, dan shading candytone black. Untuk sticker sendiri saya selalu menghindari kepura-puraan. Misal helm buatan sendiri kok ditempeli sticker Arai, orang kita bikinnya susah-susah malah ditulisi merk orang lain. Plis dong ah...

to be continued

1 comment:

  1. Tolong kalo mau kutip artikel bisa minta ijin dulu, kita saling respect. atau ditulis sourcenya http://genesiautocsutom.blogspot.com. Terima kasih. Rudi. Genesis Auto Custom Indonesia 0818 0925 2246

    ReplyDelete